Serial Anak Anak mamak


Karya-karya Tere Liye selalu mendapat tempat spesial di hati, sarat dengan petuah, prinsip hidup yang dipegang teguh. Penuturannya mengalir ringan, mudah di cerna, tapi dalam menyentuh hati.

Di antara sekian banyak karyanya, ada serial yang membuat gue jatuh hati. Serial Anak Anak Mamak, ada 4 novel, Burlian, Pukat, Eliana, dan Amelia.

Menceritakan bagaimana Mamak mendidik anak anaknya, si Sulung Eliana yang menjelma menjadi wanita tangguh, cantik, dan pemberani, Pukat si jenius yang jadi ilmuwan dunia, Burlian yang tumbuh jadi pemuda gagah dengan pendirian yang teguh, dan si Bungsu Amelia yang sejauh apapun dia pergi takdir selalu membawamya kembali.

Novel ini menginspirasi gue dalam mendidik anak anak. Mamak berjuang sepenuh jiwa dan raga, menangis larut dalam doa di setiap malam agar anaknya tumbuh dengan baik sesuai fitrah mereka, menyentuh hati gue yang paling dalam.

Di tengah segala keterbatasan, dengan penuh perhatian, kasih sayang, disiplin yang tinggi, nilai nilai luhur yang dijunjung tinggi, Mamak dan Bapak berhasil membesarkan anak anak dengan baik. Potret pola asuh impian kalo menurut gue sih.

Banyak adegan lucu di ke empat novel ini. Anak berantem trus pakai sikat gigi kakaknya untuk mencuci sepatu hahaha, rebutan antrian kamar mandi, ada yang kabur dari rumah tapi ngga dicariin hahaahha.

Bagaiamana Burlian bertualang ke dalam hutan dan menemukan harya karun yang tidak terduga, Pukat si anak cerdas yang menciptakan kincir air untuk jadi pembangkit tenaga listrik bagi warga desa. Waahh ini spoiler ngga ya? Hahahahhaa

Mengagumkan saja buat gue rasanya, berasa ikut larut dalam kisah mereka.

Anak anak tumbuh dengan baik, puas berantem waktu kecil, saling ledek, tapi saling mendukung satu sama lain. Saling menyayangi, saling mengingatkan ketika ada yang berbuat salah. Kenakalan, kepolosan, kerja keras dan persahabatan, dikemas apik dalam empat novel tadi.

Ngga rugi beb meluangkan waktu untuk membaca novel novel ini. Ada hal lain yang bikin gue seneng adalah karya Tere Liye ini bisa dinikmati bersama anak anak.

Suka rebutan kita kalo ada terbitan baru hahaha, dan ini menyenangkan. Novel novelnya bersih, aman untuk anak anak baca.

Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Menumbuhkan minat baca pada anak anak, sekaligus menanamkan prinsip hidup pada mereka.

Menyenangkan rasanya


2 Thoughts to “Serial Anak Anak mamak”

  1. Ruly Noldy Pangaribuan

    Mungkin Mba bisa baca serial Terakhirnya
    sianak Badai, biar semua serinya Pungkas

    1. udah keluar ya? waaah hunting ah

Leave a Comment