Hit enter after type your search item

Mental Health – Motherhood – Lifestyle

SELERA MUSIK DAN PERGESERAN BUDAYANYA

/
/
/
158 Views

selera musikSelera musik dulu dan sekarang mengalami pergeseran. Seiring bertambahnya umur, selera musik makin muda hahaha, iyalaah musisi lama udah banyak yang ngga berkarya lagi. Tergantikan oleh pendatang baru.

Musik punya makna tersendiri sih buat gue. Dibesarkan di kota kecil yang akrab dengan musik dangdut, membuat selera musik gue sering di bilang ajaib hahaha. Masih inget, setiap acara hajatan baik itu kawinan atau sunatan pasti ada dangdut atau panturaan. Para sohibul bait nyetel lagu dangdut dari pagi sampe dini hari, bahkan sampe besoknya beb! Bahkan bulan puasa, orang bangunin sahur pake dangdut shayyy hahahha. Mereka keliling kampung bawa speaker sambil melantunkan dangdhuuthhh.

Jadi setiap bulan Rayagung (Idul Adha), musim nikahan atau sunatan, di kampung gue akan terasa hangat bergelora dengan musik dangdut dari segala penjuru hahahaha. Speaker di pasang pol, berenti kalo adzan berkumandang saja.

Nyanyikan saja satu bait lagu dangdut, gue akan cepat nangkep dan nerusin lagu itu ahhahaha, cocoklah buat ikutan acara Kuis Dangdut-nya Pa Haji Jaja Miharja.

Sekarang, gue ngga menyukai satu genre tertentu, asal dia enak di denger dan enak di rasa, gue akan mendengarkan itu berulang ulang, bahkan bisa nangkring di playlist gue selama bertahun-tahun.

Pernah sih gue minder karena suka dengan lagu dangdut, gimana ga suka, di cekokin dari kecil oleh masyarakat hahahhaha. Akhirnya gue mencoba biar keliatan keren suka lagu jazz, mulai mendengarkan lagu-lagu jazz, padahal gue ngga ngerti blas enaknya dimana hahahaha. Aaahh masa muda, penuh dengan hasrat pengakuan hahahha. Kalo ke karoke, yang dinyanyiin tetep aja lagu dangdut hahahaha.

Ada satu cerita yang bikin temen kuliah gue ogah maen ke kostan, Jaman kuliah dulu, gue suka lagu Sakura nya Fariz RM, maka di playlist mp3 gue waktu itu, lagu sakura dengan berbagai versi dan gue puter berulang ulang, bikin enek mereka yang bertamu ke kamar kostan gue. Kenapa? karena gue pasang seharian, siang malam, hahahhaa. Pagi nemenin gue beraktifitas, malem nemenin gue ngerjain tugas. Yes, gue seneng ada suara monoton gitu, jadi merasa aman hahahha. Suara ac, mesin cuci, itu bikin gue nyaman.

selera musik
playlist gue saat inih beb

Oh iya, gue spill 2 lagu teratas di tiap kategori yak hahhaha

  1. Stand by your man – Carla Bruni
  2. Back to black – Angelina jordan
  3. Gejolak Asmara – King Nassar wkwkwkwkwk
  4. Kamli Unplugged – Shilpa Rao
  5. Memories – Yi Sung Sol
  6. Monster – Kim Feel
  7. Mmmh – Kai EXO
  8. No more dream – BTS
  9. Under the blossom shadow – Kim Yuna
  10. Painfull love – Lee Sung Chul

Hampir bisa dibilang, dulu di jajah dangdut, sekarang di jajah Korea hahahahahha.

 

Dalam sesi healing, ada metode dance meditation. Musik digunakan untuk me-recall trauma. Kadang, kita sendiri sudah lupa atau mengubur dalam-dalam luka yang kita terima, tapi badan kita sangat cerdas beb. Mereka mengingat jelas luka yang pernah kita alami. Hanya diperlukan sedikit trigger saja dia akan memunculkan trauma yang selama ini tidak kita sadari.

Tapi gini beb, saat ini, gue menerima hujjah kalau musik itu haram, jeddeer hahahaha. Berat bener melepaskanĀ  musik ini, belom bisa sepenuhnya melepaskan, tapi mulai dibiasakan untuk tidak menikmatinya.

Salam kopi dangdut beeebbb hahhahaha

4 Comments

  1. Dari semuanya yg direkomen, gw suka back to black (angelina jordan)..
    Btw, suka lagu india?..
    Coba dengerin lagu calcutta dari Dr. Bombay, deh..hehe..

    Nice info!

  2. hahahaha pernah bep gue jg soksokan suka jazz padahal aing teu ngarti šŸ„²
    tapi biar keliatan cerdas dan elegan (?)
    pdhl selera musik ya gak bisa jaminan mengukur kecerdasan juga sih.
    tapi gue kalau udah suka sama 1 lagu, yaudah puter terus sampe yg nyanyinya soak.
    dan emang berat mau melepas lagu ini mempersulit hafalan gue huhu

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This div height required for enabling the sticky sidebar